Fisika Medis?

Ys Gunawan | 09:53 | 0 comments | Filed under Labels: , ,
Fisika. Apa yang ada di benak anda ketika anda mendengar/membaca kata "Fisika"? Rumus, rumus, dan rumus. Hitungan, nurunin rumus, ngitung ini, ngitung itu, laju angin dihitung, volume batu dihitung (ga ada kerjaan? hehe), semuanya dihitung, dan kurang lebih begitulah apa yang tergambar dalam benak saya ketika saya membaca/mendengar kata Fisika di bangku SMA dulu.  Dimulai dari mempelajari apa itu besaran, satuan, kemudian vector, mekanika dasar, termodinamika, elektromagnetik, dan seterusnya. Lantas, apa sebetulnya yang dikaji oleh fisika? Untuk apa kita belajar fisika? Bagaimana manfaatnya untuk kehidupan manusia?

Fisika, menurut wikibook, adalah ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan penemuan dan pemahaman mendasar hukum-hukum yang menggerakkan materi, energi, ruang dan waktu. Fisika mencakup konstituen elementer alam semesta dan interaksi-interaksi fundamental di dalamnya, sebagaimana analisa sistem-sistem yang paling dapat dimengerti dalam artian prinsip-prinsip fundamental ini. Fisika adalah studi mengenai dunia anorganik, fisik, sebagai lawan dari dunia organik seperti biologi, fisiologi dan lain-lain. sedangkan menurut wikipedia, Fisika (Bahasa Yunani: φυσικός (physikos), "alamiah", dan φύσις (physis), "Alam") adalah sains atau ilmu tentang alam dalam makna yang terluas. Fisika mempelajari gejala alam yang tidak hidup atau materi dalam lingkup ruang dan waktu. Para fisikawan atau ahli fisika mempelajari perilaku dan sifat materi dalam bidang yang sangat beragam, mulai dari partikel submikroskopis yang membentuk segala materi (fisika partikel) hingga perilaku materi alam semesta sebagai satu kesatuan kosmos. Dengan demikian dapat ditarik benang merahnya bahwa fisika adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari gejala alam/interaksi alam tidak hidup (materi), energy, dalam lingkup ruang dan waktu.
Pertanyaannya kemudian adalah, bagaimana fisika bisa dirasakan langsung kebermanfaatannya oleh manusia?. Dalam hal ini, kita tentunya pernah berkenalan dengan pesawat sederhana bernama katrol, pengungkit, gunting, dan bidang miring…(bersambung)

0 comments



Post a Comment :


Recent Comments